cialis fiyat
escort girl service

Pemimpinku, Cerminan Generasiku

 

لاَ كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْؤُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، فَالْإِمَامُ الْأَعْظَمُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْؤُولٌ عَنْ رَعِيَتِهِ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْؤُولٌ عَنْ رَعِيَتِهِ، وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى أَهْلِ بَيْتِ زَوْجِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْؤُولَةٌ عَنْهُمْ، وَعَبْدُ الرَّجُلِ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْؤُولٌ عَنْهُ، أَلاَ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْؤُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

Pemimpin

 

“Kalian semua adalah pemimpin, bertanggung jawab atas kepemimpinannya, Amir yang dipilih oleh manusia adalah pemimpin, dia bertanggung jawab atas kepemimpinannya, seorang laki-laki menjadi pemimpin bagi keluarganya, dia akan ditanya tentang kepemimpinannya, wanita adalah pemimpin di rumah suaminya dan anak suami, dia akan ditanya tentang kepemimpinannnya, seorang budak menjadi pemimpin untuk memelihara harta majikannya, diapun akan ditanya tentang hartanya, ketahuilah masing-masing kalian adalah pemimpin, kalian akan ditanya tentang kepemimpinan kalian.” (HR. Bukhari)

Dari hadits yang dipaparkan diatas telah dijelaskan bahwa kita sebagai manusia telah diciptakan oleh Allah untuk menjadi khalifah di muka bumi ini, oleh sebab itu sudah sewajarnya kita sebagai manusia untuk bisa menjadi seorang pemimpin, minimal menjadi pemimpin untuk diri sendiri.

Ada beberapa istilah bagi seorang pemimpin, yaitu :

  • KHALIFAH

Artinya adalah seseorang yang diangkat sebagai pemimpin dan penguasa di muka bumi, mengemban fungsi dan tugas tertentu.

  • IMAM

Para ulama mendefinisikan kata iman itu sebagai setiap orang yang dapat diikuti dan ditampilkan ke dsepan dalam berbagai permasalahan, misalnya Rasulullah itu adalah imamnya rakyat, Al-Qur’an itu adalah imamnya kaum muslimin.

  • MALIK

Bermakna sebagai seseorang yang mempunyai kewenangan untuk memerintahkan sesuatu dan melarang sesuatu dalam kaitan dengan sebuah pemerintahan.

  • ULU AL-AMR

Diartikan sebagai pemilik kekuasaan dan pemilik hak untuk memerintahkan sesuatu, bias juga bermakna para penyeru ke jalan kebaikan dan pencegah ke jalan kemunkaran.

10 Kriteria Pemimpin dalam Islam :

1. Beriman dan Beramal Shaleh

Kita harus memilih pemimpin orang yang beriman, bertaqwa, selalu menjalankan perintah Allah dan RasulNya. Karena ini merupakan jalan kebenaran yang membawa kepada kehidupan yang damai, tentram, dan bahagia dunia maupun akhirat, dan mengamalkan keimanannya dalam bentuk amal saleh.

2. Niat yang Lurus

Innal a’malu binniat. “Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) sesuai dengan niatnya. Karena itu hendaklah menjadi seorang pemimpin hanya karena mencari keridhoan Allah semata dan sesungguhnya kepemimpinan atau jabatan adalah tanggung jawab dan beban, bukan kesempatan dan kemuliaan.

3.Laki-Laki

Dalam Al-qur’an surat An nisaa’ (4) :34 telah diterangkan bahwa laki laki adalah pemimpin dari kaum wanita.“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh ialah yang ta’at kepada Allah lagi memelihara diri (maksudnya tidak berlaku serong ataupun curang serta memelihara rahasia dan harta suaminya) ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara “

4. Tidak Meminta Jabatan

Rasullullah bersabda kepada Abdurrahman bin Samurah Radhiyallahu’anhu, ”Wahai Abdul Rahman bin samurah! Janganlah kamu meminta untuk menjadi pemimpin. Sesungguhnya jika kepemimpinan diberikan kepada kamu karena permintaan, maka kamu akan memikul tanggung jawab sendirian, dan jika kepemimpinan itu diberikan kepada kamu bukan karena permintaan, maka kamu akan dibantu untuk menanggungnya.” (Riwayat Bukhari dan Muslim).

5. Berpegang pada Hukum Allah

Allah berfirman, ”Dan hendaklah kamu memutuskan perkara diantara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka.” (Al-Maaidah : 49).

6. Memutuskan Perkara Dengan Adil

Rasulullah bersabda, ”Tidaklah seorang pemimpin mempunyai perkara kecuali ia akan datang dengannya pada hari kiamat dengan kondisi terikat, entah ia akan diselamatkan oleh keadilan, atau akan dijerusmuskan oleh kezhalimannya.” (Riwayat Baihaqi dari Abu Hurairah dalam kitab Al-Kabir).

7. Menasehati rakyat

Rasulullah bersabda, ”Tidaklah seorang pemimpin yang memegang urusan kaum Muslimin lalu ia tidak bersungguh-sungguh dan tidak menasehati mereka, kecuali pemimpin itu tidak akan masuk surga bersama mereka (rakyatnya).

8. Tidak Menerima Hadiah

Seorang rakyat yang memberikan hadiah kepada seorang pemimpin pasti mempunyai maksud tersembunyi, entah ingin mendekati atau mengambil hati.Oleh karena itu, hendaklah seorang pemimpin menolak pemberian hadiah dari rakyatnya. Rasulullah bersabda, ” Pemberian hadiah kepada pemimpin adalah pengkhianatan.” (Riwayat Thabrani)

9. Tegas

Tegas merupakan sikap seorang pemimpin yang selalu di idam-idamkan oleh rakyatnya. Tegas bukan berarti otoriter, tapi tegas maksudnya adalah yang benar katakan benar dan yang salah katakan salah serta melaksanakan aturan hukum yang sesuai dengan Allah, SWT dan rasulNya.

10. Lemah Lembut

Selain 10 kriteria tersebut di atas, hendaknya seorang pemimpin harus memiliki sifat-sifat yang dimiliki oleh Rasulullah, seperti Shidiq (Jujur), Amanah (Dapat Dipercaya), Tabligh (Menyampaikan), dan Fathonah (Cerdas). Selain itu, sebagai pemimpin yng bijaksana, kita juga harus dapat menjadi pemimpin yang sesuai dengan kebutuhan rakyatnya, tentunya dengan berlandaskan nilai-nilai islam, karena karakter seorang pemimpin akan mencerminkan generasinya :).

SUMBER :

http://www.pejuangislam.com/main.php?prm=berita&var=detail&id=496

https://www.facebook.com/permalink.php?id=324429024317976&story_fbid=448948651866012

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>