cialis fiyat
escort girl service

FORUM BELAJAR ISLAM : We Are What We Eat

Assalamu’alaikum, sobat Gamais :)

Alhamdulillah, Kamis, 17 April 2014 telah diiselenggarakannya Forum Belajar Islam (FBI) untuk yan kedua kalinya di bulan April. Kali ini mimin akan memposting materi apa saja yang disampaikan dalam FBI tersebut. Yuk, disimak!

 

Pembicara FBI dengan tema “We Are What We Eat” kali ini super sekali, yaitu dosen kita sendiri, dosen FKM UNDIP (Bapak Priyadi Nugraha Prabamurti). Disini beliau menjelaskan bagaimana makanan yang baik dalam pandangan Islam, bagaimana makanan yang haram dan apa saja dampaknya, tentunya dikaitkan dengan segi kesehatan juga.

 

10012560_1425344571050120_8203302931775154926_n

 

APA AJA SIH MAKANAN HARAM ITU???

Makanan haram salah satunya yaitu bangkai. Kalau dalam kesehatan, bangkai dapat merusak tubuh karena terdapat banyak  mikroorganisme di dalamnya. Selanjutnya, yaitu Darah. Darah juga haram sob, kalau dalam kesehatan, darah tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Beberapa daging (yang diharamkan dalam islam) juga diharamkan karna dari segi kesehatan dan psikologis dapat mengubah tempramen seseorang yang memakannya. Khamar atau yang disebut miras juga termasuk ke dalam yang dihamramkan. Dalam kesehatan, khamar dapat merusak syaraf-syaraf tubuh dan mengurangi daya pikir.

Ingat ya sob, makanan haram dapat merusak Hati, Akal, Ruh, dan Jasad.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya daging tidak akan tumbuh dari harta haram, kecuali neraka lebih utama untuknya” (H.R. Bukhari)

9 Dampak Makanan dan Harta Haram:
– Tidak diterima amalan
– Tidak terkabulnya do’a
– Mengikis keimanan pelakunya
– Mencampakkan pelakunya ke neraka
– Mengeraskan hati nurani
– Haji dari harta haram tertolak
– Sedekahnya ditolak
– Shalatnya tidak diterima
– Silahturahmi sia-sia sehingga bisa memperpendek umur
Nah, sudah dijelaskan diatas apa-apa saja yang tergolong kedalam makanan dan minuman haram, beserta dampaknya bagi kesehatan dan kehidupan. Oleh sebab itu, kita harus jeli dalam memilah-milih produk yang halal :) Berikut adalah salah satu caranya : Identifikasi kehalalan produk tersebut melalui label halalnya. Kalau masih belum meyakinkan, lihatlah dari komposisinya. Sekiranya ada salah satu komposisi yang meragukan kehalalannya, lebih baik kita hindari.
Buat apa cari yang “samar-samar” kalau yang halal ada? 

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu lebih baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

(QS. Al-Baqarah:216)

 

Semangat Berproses dan keep support produk halal Indonesia!!!  :)

Sampai jumpa di FBI berikutnya ya sob :)
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>