cialis fiyat
escort girl service

Satu Minggu Jelang Ramadhan, Sudah Siapkah Kita? #RamadhanAkuSiap

Assalamu’alaikum Wr. Wb., sob!

Nggak kerasa nih, hari ini tepat H-7 jelang ramadhan, bulan berkah, bulan yang selalu kita nantikan, In Shaa Allah :) Kira-kira, gimana nih persiapan kita untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan?? Apa saja yang harus kita persiapkan? Sebelum itu, yuk kita bahas dulu apa itu bulan ramadhan..

ramadhan aku siap

Ramadhan merupakan tamu yang sangat istimewa. Kita harus menyambutnya dengan penuh sukacita. Kenapa? Soalnya, di dalam bulan ramadhan terdapat banyak keberkahan sob. Mulai dari pahala yang berlipat ganda, momen dimana kita ber-fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan). Selain itu, ramadhan jg merupakan momen dmn kita dapat berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara ditengah kesibukan kita. Nikmat lainnya yang bisa kita dapatkan adalah nikmat sahur dan berbuka :)

Hikmah dan tujuan utama diwajibkannya puasa adalah untuk mencapai takwa kepada Allah Ta’ala yang hakikatnya adalah kesucian jiwa dan kebersihan hatMaka bulan Ramadhan merupakan kesempatan berharga bagi seorang muslim untuk berbenah diri guna meraih taqwa kepada Allah Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa” (QS al-Baqarah:183).

Syaikh Abdur Rahman as-Sa’di menjelaskan unsur-unsur takwa yang terkandung dalam ibadah puasa, sebagai berikut:

– Orang yang berpuasa (berarti) meninggalkan semua yang diharamkan Allah (ketika berpuasa), berupa makan, minum, berhubungan suami-istri dan sebagainya, yang semua itu diinginkan oleh nafsu manusia, untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengharapkan balasan pahala dari-Nya dengan meninggalkan semua itu, ini adalah termasuk takwa (kepada-Nya).

– Orang yang berpuasa (berarti) melatih dirinya untuk (merasakan) muraqabatullah (selalu merasakan pengawasan Allah Ta’ala), maka dia meninggalkan apa yang diinginkan hawa nafsunya padahal dia mampu (melakukannya), karena dia mengetahui Allah maha mengawasi (perbuatan)nya.

– Sesungguhnya puasa akan mempersempit jalur-jalur (yang dilalui) setan (dalam diri manusia), karena sesungguhnya setan beredar dalam tubuh manusia di tempat mengalirnya darah, maka dengan berpuasa akan lemah kekuatannya dan berkurang perbuatan maksiat dari orang tersebut.

– Orang yang berpuasa umumnya banyak melakukan ketaatan (kepada Allah Ta’ala), dan amal-amal ketaatan merupakan bagian dari takwa.

– Orang yang kaya jika merasakan beratnya (rasa) lapar (dengan berpuasa) maka akan menimbulkan dalam dirinya (perasaan) iba dan selalu menolong orang-orang miskin dan tidak mampu, ini termasuk bagian dari takwa.

Gimana nih caranya supaya kita siap menghadapi Ramadhan?

1. Perbanyak amalan-amalan dan ibadah sunnah, tentunya yang wajib nggak boleh ketinggalan ya sob :)

tujuh-amalan-sunnah

2. Tilawahnya juga harus mulai dikencengin lagi nih sob!

ilustrasi-anak-quran

3 Yang masih punya utang puasa, segera dibayar yaa 😉 jangan lupa bersihkan hati, sucikan hati untuk menyambut bulan penuh berkah.

Yuk, kita sama-sama mempersiapkan diri! 😉

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>