cialis fiyat
escort girl service

Berakhlak Mulia Menentramkan Hati

Kuterangi jiwa

Dengan cita-cita yang kukejar

Alangkah sempitnya hidup ini

Jika keluasan cita-cita tidak terbentang

 

Manusia adalah cermin bagi manusia yang lain. Jika seseorang berbudi pekerti luhur terhadap orang lain, maka orang lain pun akan serupa terhadapnya. Sehingga, urat sarafnya akan selalu senang tanpa gejolak dan hatinya akan senantiasa merasa damai. Berikutnya, ia akan merasakan bahwa dirinya hidup dalam masyarakat yang bersahabat.

            Sebaliknya, bila seseorang berkepribadian buruk dan bersikap keras terhadap orang-orang di sekitarnya, maka mereka pun akan berlaku seupa terhadapnya. Dan barangsiapa tidak menghormati orang lain, maka orang-orang tidak akan menghormatinya.

Seorang yang berakhlak baik lebih dekat kepada ketenangan, jauh dari kegelisahan, dan keadaan yang menyengsarakan. Lebih dari itu, akhlak yang baik merupakan ibadah kepada Allah dan termasuk yang sangat dianjurkan oleh Islam. Allah berfirmann, “Jadilah engkau pemaaf, serulah orang-orang mengerjakan kebaikan dan berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (QS. Al-A’raf: 199). Dan firman Allah tentang kepribadian Rasulullah s.a.w., “Sebab rahmat dari Allah, maka kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri darimu. Karena itu, maafkanlah mereka, memohonlah ampunan untuk mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka. Apabila kamu telah bebulat tekad, maka bertawakkal lah kepada Alla. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal.” (QS. Ali-Imran: 159)

            Berakhlak mulia juga merupakan salah satu kunci kebahagiaan. Berikut merupakan hal-hal yang menjadi faktor-fktor dari kebahagiaan itu sendiri.

 Bersabarlah…, Allah akan memberimu jalan keluar

Dan semoga cepat datang, dengan segera.

 

Seorabg psikolog Amerika (Dr.Dick) mengatakan, “Kehidupan yang bahagia itu merupakan seni keindahan yang memerlukan sepuluh unsur berikut ini :

  1. Memilih pekerjaan yang kita senangi. Namun, bila pekerjaan itu terasa sulit untuk dikerjakan, cobalah untuk menekuni hobi kita pada saat-saat senggang kita.
  2. Menjaga kesehatan merupakan ruh dari sebuah kebahagiaan. Dan itu bisa dilakukan dengan cara menjaga keseimbangan dalam soal makan dan berolah raga, serta menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang membahayakan.
  3. Kita harus memiliki tujuan dalam hidup. Karena, tujuan itulah yang akan membuat kita bersemangat dan dinamis.
  4. Menerima kehidupan apa adanya dan menikmati manis getinya kehidupan dengan senang hati.
  5. Hadapilah kenyataan yang sedang terjadi, jangan menyesali yang telah lalu dan jangan merisaukan hari esok yang belum datang.
  6. Hendaknya kita berpikir sebelum berbuat dan mengambil keputusan. Jangan sekali-kali menyalahkan orang lain ketika keputusanmu salah.
  7. Pandanglah orang-orang yang lebih rendah darimu dalam hal keberuntungan.
  8. Biasakan untuk selalu tersenyum, berwajah cerah dan bertemen dengan mereka yang optimis.
  9. Hendaklah berbuat untuk membahagiakan orang lain, agar ia juga mencurahkan kehruman kebahagiaannya kepadamu.
  10. Manfaatkanlah berbagai peluang dan kesempatan berharga dengan baikdan jadikanlah waktu-waktu luang itu sebagai terminal untuk menuju kebahagiaan.

 (Dr. ‘Aidh al-Qarni)

 

pinquotes1

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>